STOK KOSONG - STOK KOSONG - STOK KOSONG

Jumat, 19 Oktober 2012

An apple a day keeps the doctor away !

"An apple a day keeps the doctor away ! " ( Setiap hari satu buah apel, dokter pun menjauhi kita.) Sebuah pepatah yang diyakini berasal dari jaman Romawi kuno. Bangsa Romawi benar-benar percaya apel memiliki kekuatan magis untuk menyembuhkan penyakit. Dan ini bukan sekedar pepatah semata karena banyak riset yang membuktikan kalau apel sangat bermanfaat bagi kesehatan mengingat apel kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, flavoid, mineral dan masih banyak lagi. 

Berikut beberapa manfaat apel  : ( Sumber Secret China )

Selain melindungi hati sebagaimana yang kita ketahui, apel juga dapat memperlambat penuaan daya ingat, mencegah asma, diabetes, infark otot jantung dan gigi tanggal dan lain sebagainya.

Penyakit kanker: 
Sebuah hasil penelitian di Italia menunjukkan, bahwa dengan mengonsumsi sedikitnya satu buah apel setiap hari dapat menurunkan berbagai insidensi penyakit kanker, kanker tengorokan dan pangkal tenggorok turun 21%, kanker kerongkongan turun 25%, kanker usus besar turun 20%, kanker payudara turun 18%, kanker indung telur turun 15%, kanker prostat turun 9%.

Gigi:
Hasil survey epidemiologi (ilmu wabah) Universitas Harvard menunjukkan, bahwa mereka yang tidak pernah mengonsumsi apel, saat memasuki usia senja, gigi akan mudah tanggal.

Diabetes: 
Peneliti dari Universitas Harvard mendapati, bahwa resiko wanita yang mengonsumsi satu apel setiap harinya mengidap penyakit diabetes turun 28% dibanding mereka yang tidak mengonsumsi apel.


Mengapa mesti makan apel setiap hari?

Daya ingat : 
Dengan meminum 2 gelas jus apel setiap hari bisa merangsang organisme menghasilkan lebih banyak asetilkolina ¾ inilah kekurangannya bagi penderita demensia usia lanjut. Peneliti dari Universitas Massachusetts, AS mendapati, bahwa dengan meminum jus apel dapat meningkatkan daya hitung. 

Asma : 
Peneliti asal Jepang mendapati, bahwa unsur seledri dan antioksidan yang banyak terkandung dalam buah apel dapat meredakan asma dan sejumlah penyakit alergi lainnya. Selain apel, unsur seledri bahkan juga terdapat dalam jenis kacang-kacangan, kembang kol, anggur, bawang Bombay.

Penyakit jantung : 
Dengan mengonsumsi apel dapat membantu melarutkan “biang keladi” dalam pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung ¾ trombus. Hasil penelitian dari Universitas California menunjukkan, bahwa dengan memakan 2 buah apel atau 1,5 gelas jus apel murni setiap hari dapat mengurangi kandungan “kolesterol jelek” dalam darah, mencegah penyumbatan pembuluh nadi. Sebuah hasil penelitian di Eropa juga menunjukkan, bahwa rasio terjadinya infark otot jantung bagi mereka yang sering mengonsumsi apel lebih rendah 40% dibanding mereka yang tidak mengonsumsi apel.

Siapa saja yang tidak cocok makan apel?

Penderita radang usus besar bertukak
Penderita radang usus besar bertukak tidak baik makan apel mentah, khususnya masa kambuh akut, karena tukak dinding usus menjadi tipis, tekstur apel lebih keras, ditambah lagi dengan kandungan asam organik sebesar 0.5 % dan 12 % serat kasar, sehingga tidak baik bagi pemulihan bagian tukak dinding usus.

Penderita penyakit pengurangan sel darah putih, dan penderita prostat gemuk
Penderita penyakit pengurangan sel darah putih dan penderita prostat gemuk rata-rata tidak baik makan apel mentah, agar tidak membuat gejala penyakit bertambah parah atau memengaruhi efek pengobatan.

0 komentar:

Posting Komentar